TILIK SAWAH, MAHASISWA KKN IK IAIN KUDUS DESA PAGERHARJO LAKUKAN PENDAMPINGAN “ MBEDOL BRAMBANG”

Pati – Sabtu 18 September 2021, Mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS Desa Pagerharjo lakukan pendampingan “ Mbedol Brambang” Tim KKN IK IAIN KUDUS pergi ke sawah yang berada di Dukuh Pajaran pada Sabtu pagi pukul 07.30 WIB. Tim KKN IK IAIN KUDUS DESA PAGERHARJO mendapatkan izin dari pemilik sawah yaitu Bapak Rasitam  untuk membantu memanen bawang merah sekaligus  untuk belajar bagaimana cara membudidayakan bawang merah.

Bawang merah atau “brambang” dalam bahasa Jawa merupakan tanaman musiman yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Bukan hanya sebagai penyedap masakan, bawang merah juga memiliki manfaat untuk kesehatan karena kaya akan kandungan gizi. Bawang merah bisa dipanen ketika berusia 2 bulan atau 60 hari.

Ibu Sri’ah selaku buruh kuli pemilik sawah mengatakan “ciri-ciri tanaman bawang merah yang sudah waktunya siap dipanen antara lain daunnya mulai layu dan rebah di tanah, daun telah menguning, Sebagian umbi bawang merah telah keluar dari tanah’’.

Cara memanen bawang merah yaitu dengan mencabut seluruh tanamannya menggunakan tangan Pencabutan bawang merah harus dilakukan hati hati jangan sampai batangnya putus dan usahakan umbinya tidak tertinggal dalam tanah. Setelah itu bawang merah diikat menggunakan tutus bambu.

TIM KKN IK IAIN KUDUS DESA PAGERHARJO

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan