MAHASISWA KKN DESA PAGERHARJO IKUT BERPATISIPASI DALAM KEGIATAN POSYANDU PADA MASA PANDEMI COVID-19

PATI – Pagerharjo, Wedarijaksa – mahasiswa KKN ikut berpartisipasi dalam kegiatan posyandu balita. Dikarenakan adanya pandemi Covid -19 kegiatan posyandu di bagi menjadi 4 pos. Mahasiswa KKN desa Pagerharjo berjumlah 6 orang yang di bagi menjadi 2 orang dalam setiap posnya.

“Untuk mencegah penularan Covid-19 kegiatan posyandu di bagi menjadi 4 pos agar menghindari kerumunan” ungkap bu Nur selaku Pemdes.

Pos pertama ada di rumah kepala desa, pos kedua berada di polindes, pos ketiga berada di rumah salah satu pemdes (ibu Tarsini), dan pos keempat berada di rumah pemdes (bapak Wardoyo). Pada bulan September ini kegiatan posyandu yang berada pos 1, pos 2, dan pos 3 dilaksanakan pada hari Senin tanggal 13 september 2021. Sedangkan kegiatan posyandu yang berada di pos 4 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 september 2021.

“Kami berpartisipasi dalam kegiatan posyandu balita untuk menambah pengalaman dan mengabdi pada masyarakat” ungkap salah satu mahasiswa KKN.

Pos pelayanan keluarga berencana kesehatan terpadu (posyandu) merupakan kegiatan kesehatan dasar dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk kepentingan masyarakat dalam bentuk partisipasi penimbangan balita setiap bulannya, sehingga dapat meningkatkan status gizi balita.

Pelaksanaan kegiatan posyandu diadakan secara rutin setiap bulan yang dimulai dari jam 9.00 – 11.00. Masyarakat yang hadir diwajibkan mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Kegiatan posyandu terdiri dari penimbangan berat badan balita, mengukur tinggi badan balita, kemudian menyerahkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Setelah itu ibu dan balita diberi PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang meliputi bubur kacang hijau, telur puyuh, jajanan danbiskuit balita.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan